Hindari Web Analytics jika Ingin Gagal Bikin Website

Emang gak bisa dipungkiri, kalo internet buat sebagian orang masih identik dengan website. Seorang teman saya pernah cerita tentang usaha aksesoris wedding nya pun mengatakan bahwa yang kepikiran saat pengen melebarkan usaha lewat internet adalah bikin website. saya gak bermaksud bilang itu salah, tapi saya lebih ke ngasih tau kalau bikin website sedikit tricky karena ada plus minus nya.

Minusnya adalah banyak hal teknis yang cukup ribet kalau misalnya dibandingkan dengan bikin akun facebook. Artinya kalau orangnya gaptek dan maksa kepengen bikin website, either dia harus belajar bikin website yang bagus or dia sewa orang untuk melakukan itu. Artinya gak gampang!

Tapi plusnya menurut saya adalah banyak sekali data yang bisa didapatkan kalau kita bikin website. Data yang saya maksud bisa dari hal-hal yang simpel kayak jenis kelamin pengunjung website lo, rentang umur berapa yang mampir ke website lo sampai ke orang yang ke website lo mampir ke halaman mana aja. Dan data ini menurut saya akan sangat membantu perkembangan bisnis lo banget. Asal lo bisa mengolah data itu.

saya ngasih contoh, Let’s say kita bilang yang paling banyak mampir ke website lo itu cowok. Lo bisa tanggapi data ini dengan bikin tampilan website yang lebih maskulin misalnya, atau ngasih artikel-artikel yang kira-kira bakal disukai sama target pembaca lo.

Kalo data umur itu menurut saya lebih berguna buat penggunaan bahasa dalam menulis. Media komunikasi di website kan kebanyakan lewat tulisan. Kalau yang mampir ke website lo kebanyakan anak kuliahan, mungkin lo menyesuaikan sapaan mereka dengan bro atau sis. Kayaknya kalau pake bapak atau ibu malah mereka bakal illfeel.

Selain jenis kelamin dan umur pengunjung, masih banyak data-data lain yang bakal muncul kayak halaman yang paling sering dikunjungi, sumber pengunjung dari mana aja, dan seterusnya. Tapi buat dapetin data ini, gak serta merta lo bikin website langsung muncul gitu aja. Lo harus pake software web analytics.

Kalo saya disini pake web analytics dari Google, yaitu Google Analytics. Kenapa? karena emang Google Analytics itu datanya lengkap dan siapa sih yang punya insight tentang consumer behavior di internet yang lebih baik dari Google? Selain itu kerjaan saya di part-time juga ada yang pake Google Analytics jadi nyambung-nyambung dikit lah.

Disini point yang mau saya sampein adalah bikin website dengan tujuan ngembangin bisnis itu sangat bagus kalo lo ngerti apa yang lo lakuin. Tapi kalo lo gak terlalu paham dan gak kenal orang yang paham, website lo gak bakal se-efektif yang lo bayangkan. Buat website lo bisa tercantum di halaman pertama Google itu gak segampang bikin website trus tinggal duduk-duduk aja. Itu susah dan surprisingly gak bisa dibeli pake duit. Istilahnya buat bisa bikin website lo tercantum di halaman pertama Google itu SEO (Search Engine Optimization).

Di post-post berikutnya mungkin saya bakal ngebahas tentang SEO lebih detil. Jangan lupa share dan komen post ini kalo lo ada yang mau ditanyain. Sampai ketemu di post berikutnya!