Pilot Episode dan Kaitannya di Dunia Digital

Sebagai seorang penggemar tv series, saya hampir ngikutin semua tv series yang saya suka. Dari jamannya Prison Break, How I Met Your Mother, sampai Game of Thrones. Memang ada beberapa tv series yang saya belum coba nonton karena belum srek aja, kayak Flash, Legends of Tomorrow, dsb. Dan setelah menonton sekian banyak tv series, saya mendapatkan pola yang sampe bikin saya mikir saya cukup jenius untuk menemukannya. Kenapa semua episode awal dari tv series ini memiliki judul Pilot?

Hampir semua episode awal dari season pertama tv series ini dikasih judul Pilot. Waktu itu saya bingung banget karena setelah saya nonton episode nya, kaga ada pilotnya sama sekali. Setelah saya googling ternyata emang ada istilah buat episode perdana di dunia tv series yaitu pilot episode tadi.

Menurut wikipedia “A television pilot (also known as a pilot or a pilot episode) is a standalone episode of a television series that is used to sell the show to a television network.” Yang intinya pilot episode ini kayak test pasar. Respon yang bagus bisa berindikasi kalau tv series ini bisa sukses. Disini biasanya ide cerita dari sebuah serial diadu dengan penonton biar ketauan nih kalo amit-amit gak banyak yang suka, bisa langsung di cancel tv series nya.

Disini saya mau bahas dari sisi digital nya ya. Alasannya karena blog ini emang mau ngebahas tentang digital, bukan blog review film. Prinsip pilot episode ini sangat kepake di dunia digital karena semua yang di dunia digital terjadi sangat cepat dan kita harus selalu test apa yang disukai customer kita dong?

Misalnya lo punya website jualan baju, lo bisa test ke pengunjung website lo lebih suka tampilan website lo yang kayak gimana. Kan macem-macem tuh yang bisa di test. Lo juga bisa tau nih apa yang lagi nge-trend di internet, misalnya Ahok jadi penyanyi rock biar bisa nyaingin Ahmad Dhani. Pasti orang pada tertarik. saya pembeli pertama nih.

Enaknya kalo di digital itu ada tool-tool yang bisa ngebantu pekerjaan lo. Dari yang gratis sampe yang berbayar juga ada. Buat nyari trend apa yang lagi happening banget, lo bisa pake Google Trend(gratis), kalo lo mau dapet data dari website lo, pake Google Analytics(gratis). Tool nya banyak banget asal lo tau apa yang lo mau cari. Di post-post berikutnya mungkin saya bakal bahas tentang tool-tool yang bisa membantu lo gak gaptek di dunia digital ini. Kalo mau nanya-nanya bisa komen dibawah ini ya atau mau diskusi tentang tv series hehe. Dan jangan lupa share post ini!