Tren Video Mengubah Internet

Ada korelasi yang kuat antara kenaikan jumlah pengguna smartphone dan naiknya penonton video dari mobile device. Ada juga hubungan antara merata nya jaringan internet di Indonesia dengan meningkatnya penggunaan bandwidth akhir-akhir ini. Tentu yang senang adalah para provider jaringan. Namun ada satu benang merah yang bisa di ambil yaitu,

Tren video mulai menggeser cara orang mengonsumsi internet.”

Tren di Internet

Di awal tahun 2000-an, tren yang paling terlihat adalah blogging. Semua orang menggunakan internet sebagai pengganti diary mereka. Ini adalah cikal bakal dari sosial media, karena kebanyakan diary-maya ini dibuat anonymous karena ketidaksiapan masyarakat mengenai hal ini. Kurang lazim jika curhat di internet jaman dulu.

Awal tahun 2010, Facebook mulai booming di Indonesia. Semua orang langsung mengemukakan pendapat lewat tag line “What’s on your mind?”. Banyak pengguna yang tiba-tiba pengen alay aja. Termasuk saya. Kalau saya ditanya kenapa, ya karena temen-temen saya juga gitu.

Setelah saya perhatikan, tren dari dulu sampai awal 2010 mengacu pada dimensi yang sama, yaitu hanya dimensi visual. Kalaupun ada dimensi yang berbeda yaitu bisa audio seperti podcast, namun tetap hanya satu sudut dimensi saja. Buat yang enggak tahu podcast, mirip rekaman suara yang di upload ke internet.

Tetapi, tren pada lima tahun terakhir ini berubah ke penggabungan antar dimensi. Udah kayak Star Wars aja. Tren video kan penggabungan antara dimensi visual dan audio. Dan akhir-akhir ini ada tren virtual reality yang lebih advanced, menggabungkan visual, audio, dan kinestetik (gerakan).

orang memakai virtual reality
Lagi nonton apa hayo… Sumber: Youtube

How video changed the internet?

Menurut Adweek, 31,96% dari pengguna internet minimal menonton 15 menit video per hari. Pengguna internet sekarang sedang bergeser dari tren membaca ke tren menonton. Tampak terlihat dari popularitas para youtuber yang sedang naik. Semua orang ingin mengejar momentum ini dengan menjadi youtuber juga. In fact, mahasiswa Unpar banyak yang jadi youtuber.

Beberapa fakta dari Youtube adalah sebagai berikut, :

  • Jam per hari yang dihabiskan di Youtube naik 2x lipat dari tahun ke tahun.
  • Lebih dari setengah views Youtube berasal dari mobile devices.
  • Pengguna Youtube hampir 1/3 dari seluruh pengguna internet.

Dan itu baru dari Youtube aja, masih banyak platform lain buat membagikan konten video, Facebook contohnya. Facebook punya 1 milyar pengguna aktif setiap hari dan 8 milyar video diputar setiap hari nya menurut FactCompany. Lebih lanjut, Snapchat yang notabene perusahaan baru dan hanya mempunyai pengguna aktif sebesar 100 juta orang saja juga sudah mencapai 8 milyar video yang diputar setiap hari.

Tren video sudah didepan mata teman-teman.