4 Trik Optimasi Gambar Tanpa Menyalahgunakannya

Use a picture. It’s worth a thousand words.”
-Tess Flanders

Satu gambar memang bisa mengungkap ribuan kata. Gambar memainkan peran yang sangat besar dalam digital marketing. Karena gambar juga yang membuat karya kita lebih kreatif. saya enggak kebayang jika hanya ada teks diseluruh internet.

Dari sudut pandang SEO, teks adalah yang paling penting. Namun untuk memberikan kenyamanan terhadap penikmat karya kita, gambar merupakan elemen penting yang tidak bisa dihilangkan.

Ditulisan ini saya bakal bahas hal-hal penting saat memasukkan gambar di dunia digital, cekidot :

1. Sesuaikan Gambar dengan Tema

Jika kita ingin memakai suatu gambar sebagai ilustrasi, selalu pastikan konsistensi gambar dengan tema atau topik. Misalnya topik tulisan adalah tentang facebook, gambarnya akan disesuaikan dengan orang bermain smartphone, orang sedang mengambil foto, dan lain sebagainya.

Gambar yang belum sesuai dalam hal warna bisa diberi filter agar sesuai tema secara keseluruhan.

2. Perhatikan Hak Cipta

Beberapa gambar di internet memiliki hak cipta dan kita harus meminta izin kepada pemilik gambar. Biasanya syarat dari pemilik gambar adalah kita mencantumkan nama dan link ke sumber gambar, atau bisa juga bayar.

Problem yang bisa terjadi kalau kita tidak minta izin adalah pemilik gambar bisa menuntut kita, dan urusan seperti ini bisa secara tidak langsung mencemarkan nama baik kita juga.

3. Hire a Designer

Jika fokus pekerjaan kita memerlukan satu designer khusus yang bertanggung jawab atas tugasnya, perlu dipikirkan untuk meng-hire designer.

Memperkejakan designer bisa berarti in-house atau freelance. Ada beberapa situs yang menyediakan freelance untuk design seperti freelancer.com.

Jika terbatas dalam biaya, gunakan situs seperti canva untuk design gambar. Canva sangat recommended untuk editing gambar karena sangat mudah digunakan dan gratis.

4. Pakai StockPhotos

saya biasanya memakai stockphoto untuk dipakai ke gambar-gambar featured imaged. Stockphoto disini free dan boleh dipakai untuk keperluan pribadi. Beberapa list stockphotos yang saya rekomendasikan adalah,