Dinamika “Turn On Notification” di Instagram

Beberapa hari ini banyak banget muncul post di instagram yang nyuruh ngidupin “Post Notification”. Dari akun-akun artis terkenal sampai akun temen lo yang isi instagramnya ga jelas pada ngepost itu. Emang ada apa?

turn on notification instagram anabreco
In case kalian gagal paham.

Jadi Instagram mau ngubah cara dalam nampilin postingan. Kalo dulu di instagram semua postingan yang muncul diurutin sesuai waktu post, sekarang diganti jadi post yang populer aja yang muncul.

Sebelum kalian baca lebih lanjut, ini saya kutip dari blognya instagram,

“You may be surprised to learn that people miss on average 70 percent of their feeds. As Instagram has grown, it’s become harder to keep up with all the photos and videos people share. This means you often don’t see the posts you might care about the most.

To improve your experience, your feed will soon be ordered to show the moments we believe you will care about the most.”

Jadi menurut instagram, dengan penampilan posting yang diurutin pake waktu, kita cuma bisa liat 30% dari semua post follower kita. Mau postnya bagus atau jelek. Logis sebenernya. Soalnya waktu saya dan lo buka instagram kan post yang muncul pertama kali itu post yang jam nya deketan sama jam lo buka instagram, dan butuh effort buat scroll post-post lain. Apalagi kalau mau kepoin orang.

Dengan update ini, post yang muncul di timeline instagram bakalan bener-bener post yang kontennya bagus. Jadi say no more buat spamming online shop yang setiap 10 menit post. Emang kalo saya liat update instagram ini arahnya kesana, mengutamakan konten yang berkualitas bukan konten yang kuantitasnya banyak.

Buat yang protes kepengen Instagram ganti jadi yang lama, coba pikir baik-baik deh. Facebook dulu juga awalnya kan timeline nya berdasarkan waktu, tapi sekarang berdasarkan populer ato enggak nya suatu post (istilah di facebook : Edge Rank). Twitter juga baru-baru ini nerapin hal yang sama. Timeline lo bakal bersih dari spamming-spamming yang sangat mengganggu, dan yang lo dapetin di instagram lo emang bener-bener konten yang lo suka dan lo follow.

Buat yang terakhir ini, ada satu hal yang sangat mengganggu saya, yaitu tentang hidupin “Post Notification”. Soalnya dengan hidupin “Post Notification”, bukan berarti timeline lo bakal diisi dengan orang yang lo idupin notifikasinya. Bukan banget. “Post Notification” artinya setiap orang itu ngepost, lo bakalan dapet notifikasi di hp lo. Yang which is rada annoying kalo orangnya rajin post gak penting.

contoh notification instagram
Bayangin seberapa annoying nya pas udah notif nya spam, gambarnya ga mutu.

saya rasa post ini worth to share buat kalian yang masih suka buka instagram. Ayo dong jangan mau ngikut-ngikut orang ngidupin post notification, yaitu dengan cara share post ini!