Masa Depan Facebook – Part 2

Bersambung dari tulisan kemarin, hari ini saya bakal membahas lanjutan apa saja yang akan dikenalkan Facebook kepada dunia. Tentunya saat perusahaan sebesar Facebook mengeluarkan visi nya 10 tahun kedepan, Masa depan Facebook menjadi bagian dari hidup kita. Iya, segitu powerful nya perusahaan sebesar Facebook.

3. AR & VR

Buat yang enggak tahu artinya, AR itu Augmented Reality sedangkan VR adalah Virtual Reality. Kalau masih belum terbayang, bisa googling ‘Oculus Rift’. Prinsipnya adalah kita bisa masuk ke dunia digital dengan menggunakan alat helm.

Teknologi ini sangat ditunggu-tunggu semua orang karena menawarkan kemungkinan yang tak terbatas. Buat yang pernah nonton SAO (Swort Art Online) pasti ngerasain kalau keren banget bisa kayak gitu.

Nah disini Facebook akan merencanakan dalam 10 tahun lagi atau tahun 2026, Alat VR yang segede helm Moto GP akan sekecil ini :

alat vr facebook
Cuma tinggal pake kacamata doang! Sumber: TheNextWeb

4. Internet for Everyone!

Pernahkah terpikir ingin melarikan diri dari semua hiruk pikuk dunia karena ada internet. Internet banyak mengubah cara kita hidup, namun sekarang kita masih bisa kabur sejenak untuk refreshing ke tempat-tempat yang sunyi internet.

Namun.. hal itu tidak akan berlangsung lama. Facebook ingin melapisi seluruh dunia dengan internet. Sekarang faktanya 60% orang di dunia tidak punya akses ke internet karena jaringan yang belum memadai.

Facebook ingin mengatasi hal ini dengan membuat drone, dan satellite laser. Kedua benda ini akan mengitari bumi setiap hari sambil memancarkan sinyal internet. Bisa dianggap sebagai wifi terbang lah kira-kira.

satelite internet facebook
Kira-kira gini satelitnya. Sumber: AJC

Ide besar Facebook sangat keren menurut saya karena cakupannya sangat global. Mark Zuckerberg sangat visioner dalam menyampaikan presentasi dalam F8. Tentu jika semua hal yang direncanakan Facebook berjalan lancar, dunia dalam 10 tahun lagi akan berubah dengan lebih maju dari sekarang.