Pelajaran Baru 2022

Happy Chinese New Year! Tepat satu bulan setelah saya resign. Apa saja yang berubah?

Hi! buat Anda yang ngikutin edisi terakhir email ini, saya mengumumkan kalau saya resign dan full bikin bisnis tahun ini. Sudah satu bulan berlalu dan saya mau memberikan update tentang bisnis saya.

Satu tema yang cukup kerasa adalah: belajar lagi. Kerja di perusahaan raksasa bikin saya arogan dan ternyata saya gak ngerti apa-apa haha. Banyak hal baru yang saya baru dalam beberapa bulan terakhir khususnya bulan ini, contohnya:

  1. Cara bikin PT
  2. Hire lawyer untuk review kontrak investasi
  3. Posting lowongan kerjaan internship (Yes, we’re hiring)
  4. Survey ke supplier
  5. Hire driver dan mempersiapkan business trip hampir seminggu
  6. Nyari coworking space untuk kerja
  7. Bikin design dan print kartu nama sendiri
  8. Dan lainnya

Kalau dilist semua akan terlalu panjang. Saya agak kaget dengan semua hal baru ini karena kalau kerja, semua hal diatas udah diurus. Tapi di perusahaan baru saya ini, ya saya yang ngurusin semua. Semua hal saya pelajari dengan baru. Nanya-nanya orang lah, googling lah, cobain kontak lah, start from zero again.

Gimana rasanya? asik banget. Sebelumnya hidup saya berkutat dengan digital marketing dan advertising. Walaupun perubahannya cepat saya ngerasa potensi belajar saya agak terbatasi. Gimana cara saya tau? saya takut dan deg-degan setiap saat karena semua hal baru ini. Tapi setelah dilewati jadi tahu: oh begini maksudnya.

Sudah 1 bulan di 2022 yang lewat. Resolusi saya mudah-mudahan tercapai dan saya tetap berusaha yang terbaik. Semoga Anda juga tetap menemukan hal baru dan bertumbuh!

Saya lagi bikin open Q&A di Twitter soal digital marketing dan apapun. Buat Anda yang mau konsultasi atau nanya feel free buat reply di Twitter ya!

Join 4000+ others

If you like this content, you should give my email list a try. It’s a very unannoying list, I promise. I mainly use it to send you new content when they come out!

Thanks for subscribing.