Riset untuk Berjualan Online Shop

Jaman sekarang serba online, mulai dari ojek online sampai ke pijet pun ada yang online. Kalau di Perancis itu bahkan kalo ada orang yang kelebihan masak bisa langsung jual masakannya pake aplikasi. Keren banget.

Nah disini saya ngeliat ada fenomena yang sangat gede di dunia digital. Di Indonesia lagi ngetren e-commerce kayak Tokopedia, Bukalapak, MatahariMall, dll yang iklannya dimana-mana. Dan karena itu banyak toko online lokal yang muncul ikut berpartisipasi. Tapi kebanyakan permasalahn di toko online lokal itu karena mereka masih pemula dan belum ketemu produk yang pas buat dijual.

Disini saya mau ngasih tau trik gimana caranya jualan barang online yang udah pasti laku. Bukan mungkin, pasti laku. Caranya ya tinggal liat barang paling laku di e-commerce itu apa.

Triknya saya memanfaatkan fitur dari Tokopedia. Buat yang gatau tokopedia, itu e-commerce yang didirikan tahun 2009 ini dianggap punya potensi besar banget sampai tahun 2014 mencetak sejarah mendapat investasi sebesar USD 100 juta. Dengan budget segede itu gak heran kalo tokopedia iklannya dimana-mana dong.

Nah balik lagi ke fitur yang bantu nyari tau barang paling laku di tokopedia, masuk ke tokopedianya, mau di mobile, dekstop, atau app sama aja.

home tokopedia
Disini saya buka lewat dekstop.

Nah disana pilih kategori, kan ada banyak macem-macemnya mulai dari Buku, Dapur, Elektronik. Pilih satu aja yang kira-kira pengen dijual, misalnya lo ngerasa aksesoris gadget bakalan laku nih, langsung pilih kategori Aksesoris Handphone. Lo bisa klik ini buat langsung nyampe ke halaman kategori di tokopedia.

kategori handphone & tablet di tokopedia
Kategorinya banyak banget, tapi disini saya pilih aksesoris handphone.

Nah kalo udah kebuka kan disana banyak produk berjejer. Di sebelah kiri bagian Urutkan, pilih Penjualan. Semua produk yang berjejer tadi diurutin dari yang paling laku sampe yang paling ga laku.

kategori aksesoris handphone di tokopedia diurutkan penjualan
Nah dibagian Urutkan, pilih Penjualan.

Muncul kan tongsis, lensa telezoom, waterproof bag, dll. Yang rata-rata harganya murah. Nah setelah itu dicek produknya satu-satu, respon pembelinya gimana. Contoh aja nih ya Tongsis monopod + Holder U itu udah kejual 7500 biji dengan harga Rp 12.400. Kebayang gak mas-mas jualan tongsis aja bisa dapet 93 juta. Halaman itu data semua men!

tongsis monopod di tokopedia laku
Disini saya baru percaya mas-mas jualan tongsis bisa kaya.

Ya gambar diatas emang cuman contoh doang, masih banyak produk lain yang laku banget tapi emang lo harus banyak ngulik disana. Nah disana lo juga sekalian nyari supplier buat produknya, yang jual kan banyak. Tinggal dicari yang responnya paling baik dan siapa yang bisa ngasih diskon. Siap-siap mata jadi ijo deh. Kedepannya saya bakal bahas trik-trik simpel kayak gini lagi, share post ini ya!