Selesaikan Debat dengan Google Trend?

Kita, sadar gak sadar suka banget sama yang namanya debat. Padahal yang didebatin gak penting-penting amat kayak makanan apa yang paling terkenal di Bandung? atau film apa yang paling terkenal tahun 2015? atau lebih ngeri diterkam macan atau di hap Bang Ipul?

You get the point. Lo gak mungkin kan nyobain diterkam macan dulu atau bahkan di hap Bang Ipul dulu. Keburu mampus. Nah sebenarnya lo bisa pake google buat ngebantu perdebatan tadi. Jadi di Google Trend itu langsung keliatan pemenangnya kalo mau banding-bandingan.

Contohnya lo seneng sama Coca-cola tapi temen lo seneng sama Pepsi. Berantem dong. Tenang, selesaiin aja pake Google Trend.

Perbandingan coca cola dan pepsi di Google Trend
Disini keliatan kalo pepsi menang tipis dengan coca cola.

Contoh diatas kan nyari perbandingan coca-cola sama pepsi. Nah sebenarnya fungsi Google Trend bukan cuma itu aja. Namanya juga Google Trend. Disana kita bisa nyari tau gimana trend sesuatu. Lagi naik kah atau lagi turun. Kayak gambar diatas kan keliatan tuh trend coca-cola sama pepsi waktu tahun 2005 naik banget, tapi makin lama makin turun sampe sekarang tahun 2016. Mungkin aja ada yang terjadi diantara tahun tersebut. Iklannya kurang gencar kah, ada pesaing baru yang masuk, atau barangkali memang orang Indonesia gak terlalu suka lagi dengan minuman bersoda.

Ada beberapa yang bisa diulik sendiri di Google Trend kayak :

  • Pilihan yang bisa di bandingin bisa lebih dari 2 dan maksimal 5.
  • Kota mana yang lebih suka coca cola daripada pepsi.
  • Negara yang dipilih. Jadi bisa khusus satu negara aja.
  • Periode yang dipilih bisa diatur. Mau per tahun bisa mau per bulan juga bisa.
  • Bisa nyari tau juga keyword yang topiknya mirip dengan keyword yang lo pake. Misalnya kalo coca cola itu keyword yang mirip : cocacola indonesia, cocacola nama, iklan cocacola, dll.

Di akhir post ini saya bakal ngebahas satu kesalahan fatal yang biasa dilakukan oleh orang yang baru kenal Google Trend yaitu salah pake keyword. Keyword itu kata kunci yang dipake buat mencari sesuatu di Google. saya pake contoh coca-cola tadi ya. Kalo kalian perhatiin, keyword yang mirip dengan keyword coca-cola itu ada :

  • cocacola indonesia
  • cocacola nama
  • iklan cocacola

Bedanya apa dong? pengejaannya. Kalo di Google Trend, pengejaan coca-cola sama cocacola bisa munculin hasil yang beda juga. Nih contohnya.

perbandingan cocacola dan pepsi di google trend
Nah disini coca-cola sama pepsi persaingannya lebih ketat.

Keliatan kan bedanya? dari hasil diatas bisa disimpulin kalo orang indonesia kalau nyari tentang coca-cola ngetik di Google itu pake keyword “cocacola” disambung, bukan “coca-cola” dipisah gitu. Banyak banget yang salah kayak gini apalagi kalau keywordnya lebih dari 1 huruf. Keyword yang diketik di Google Trend belum tentu keyword yang bener.

Langsung komen ya kalo ada pertanyaan dan share post ini ya untuk bantu temen-temen yang lain biar gak salah pake Google Trend.