Masa Depan Facebook – Part 1

Facebook meluncurkan banyak hal menarik di dalamĀ konferensi F8 2016. Biasanya didalam konferensi ini, Facebook mengeluarkan hal-hal baru yang akan diluncurkan. Mirip seperti saat Apple mengeluarkan iPhone 6s yang baru, atau saat Samsung mengeluarkan Galaxy S7. Yang diributkan sekarang adalah apa yang akan dikeluarkan Facebook?

The Future of Facebook

saya tentu enggak hadir di konferensi tersebut, belum.. Tetapi thanks to internet, saya bisa tahu apa saja poin penting yang akan dikeluarkan Facebook. Langsung saja :

1. Instant Articles

Media-media sekarang sangat memanfaatkan Facebook sebagai sumber traffic karena konten di Facebook cepat sekali viral. Blog ini pun demikian. Nah disini Facebook merespon dengan mengeluarkan fitur Instant Articles.

contoh konten instant articles facebook
Logo petir di kanan atas tandanya bisa Instant Articles.

Instant Articles ini sangat membantu karena membuat konten bisa loading di device selambat apapun. Dan Loading Speednya sangat cepat, bisa dibilang instan alias langsung muncul. Rencananya Instant Articles hanya akan ada di device mobile.

Memang ada beberapa media yang sudah memakai fitur ini. Namun setelah konferensi f8, fitur ini akan dibuka secara umum jadi semua media bisa ikutan daftar.

Instant Articles ini akan sangat membantu memperbaiki pengalaman melihat News Feed. Untuk mendaftar agar website kita bisa mendapat fitur Instant Articles, Facebook akan menyaring hanya website yang kredibel. Tentunya akan membasmi website spam yang memberikan berita-berita palsu.

2. Messanger

Facebook mengklaim bahwa Messanger dari Facebook jika digabung dengan Whatsapp, jumlah pengiriman pesan per harinya lebih besar 3x lipat dibanding SMS. Potensi dari aplikasi pengirim pesan sangat besar, dan ide ini yang membuat Facebook menjadikan Messanger sebagai salah satu masa depan Facebook.

Kedepannya brand-brand terkenal bisa langsung diajak ngobrol lewat Messanger. Facebook memiliki hipotesa bahwa orang-orang malas menelpon tetapi suka untuk chatting. Masuk akal jika dihadapkan pada masyarakat jaman sekarang.

Tentu tidak mungkin ada orang yang melayani langsung dibalik brand tersebut. Disini Facebook menggunakan teknologi A.I. (Artificial Intelligence) alias yang bales chat adalah robot.

Artikel ini akan bersambung ke part 2 karena pada saat artikel ini ditulis, F8 2016 conference masih berjalan. See ya!

Artikel lanjutannya bisa dicek disiniĀ