3 Tips Sukses Membuka Online Shop

Masyarakat Indonesia emang terkenal konsumtif. Sampe ada ungkapan kalau di luar negri ada orang yang belanja nya hedon (baca: rakus) banget, hampir 90% itu orang Indonesia. Ya lo liat aja tempat apa yang paling rame di ibukota, bukan tempat wisata kayak kebun binatang, tapi malah pusat perbelanjaan (baca: Mall). Duitnya kenceng banget muter disitu karena banyak ibu-ibu yang menjadi diskon-hunter. Sejenis pekerjaan baru yang diciptakan khusus ibu-ibu kalap untuk memburu hewan bernama diskon.

Tapi kalo saya liat, tren nya agak bergeser deh. Memang pusat perbelanjaan tetep rame, tapi ibu-ibu disana yang harusnya pada kalap pengen beli, malah jadi ngeliat doang. Trus belinya dimana dong? di Online.

Kita sebagai orang yang baik dan licik, harus memanfaatkan peluang ini dong. Pasti. Daripada orang bule yang malah ngambil peluangnya, dan nanti kita cuma bisa maki-maki orang bule bilang mereka maling? They don’t steal, they catch an opportunity.

Disini saya nyiapin tips apa aja yang harus disiapin kalo lo mau buka online shop. Langsung aja ya :

  1. Tahu mau jual apa Yang paling awal ya harus tahu dong mau jualan apa, lo bisa mulai dari bidang yang lo suka, misalnya lo suka fashion, atau lo suka otomotif. Cara kedua lo bisa jual barang yang udah pasti bakal laku. Lo akan lebih terbantu kalo udah pernah baca post Cara Untuk Berjualan Online Shop.
  2. Udah punya supplierKalo udah tau barang apa yang bakal dijual, lo harus pastiin kalo ada yang men-supply barang itu ke lo. Entah lo bikin sendiri barangnya, atau lo beli dari orang. Kan gak lucu kalo tiba-tiba ada rejeki jatoh dapet pesenan banyak, tapi suppliernya ilang. Lo harus pastiin stoknya bakal ada trus. Disini saya biasanya pake supplier id (ini link afiliasi jadi saya bakal dapet komisi kalo lo daftar dari link ini, kalau ada yang daftar dari link ini nanti kontek saya ya biar saya bantu) buat jadi supplier saya karena barangnya unik-unik dan bisa sistem dropship pake nama kita sendiri. Harganya juga grosiran jadi kalo beli banyak bisa dapet diskon sampe 20%.
  3. Punya rekening Bank
    Ini jelas banget yah, kalo online shop kan bakalan banyak pembeli dari luar kota. Gak mungkin mereka kirim duit lewat pos. Oh iya, rekening bank yang biasa dipake paling umum itu BCA, atau Mandiri, kadang juga ada yang pake BNI. Paling utama harus punya atm BCA soalnya menurut pengalaman saya mayoritas orang paling banyak punya atm BCA.

Yak saya jamin kalo lo ngikutin semua cara saya diatas, online shop lo bakal sukses. Selain itu juga pelajarin iklan-iklan di online seperti facebook ads dan google adwords karena itu bakal lebih kepake buat mencari pelanggan awal. Akhir kata saya cabut dulu, share post ini ya!